Pempek Udang


Kali ini kita bikin variasi lain dari pempek yaitu pempek berbahan dasar udang giling. Ini bukan pertama kalinya saya bikin pempek udang tapi pempek udang yang pernah saya buat sebelumnya menggunakan daging udang segar yang saya proses sendiri hingga menjadi udang giling.

Jika yang digunakan adalah udang giling beku maka cairkan dagingnya di atas saringan agar es yang mencair dapat turun melalui saringan hingga nanti kita dapatkan daging udang yang hanya sedikit mengandung air. Apabila mencairkan daging giling beku ini di dalam wadah tanpa menyaring maka kandungan air es akan menyatu dalam adonan hingga adonan menjadi lembek dan akan membuat kita terus menerus menambahkan sagu agar adonan bisa dibentuk. Hal tersebut akan cenderung membuat hasil akhir pempek menjadi keras karena kebanyakan sagu.

Saat mencampur daging udang giling dengan bahan lainnya kecuali sagu, bisa ditambahkan 1 sdm bawang putih halus (jika suka) dan 2 butir telur kocok. Tapi jika tidak suka, kedua bahan ini boleh ditiadakan. Yuukk disimak resep di bawah ini.


Bahan :
1 kg daging udang giling beku, taruh di atas saringan, biarkan hingga tidak beku lagi
150 gr terigu, aduk cepat dengan air mendidih 300 ml hingga menjadi seperti bubur,
1 sdm penuh garam,
2 sachet kaldu bubuk instan,
1 sdm gula pasir,
200 ml air
1,1 kg sagu untuk adonan,
200 gr sagu untuk melapisi telapak tangan/membentuk adonan

Cara :
Campur dan aduk garam, gula dan air hingga rata, sisihkan.
Taruh udang giling dan bubur terigu di wadah besar lalu mixer dengan speed rendah hingga rata.
Masukkan kaldu bubuk serta campuran garam gula tadi, mixer kembali hingga rata.
Matikan mixer, angkat mixer dari wadah, bersihkan adonan yang menempel di pengocok mixer. Tambahkan sagu sedikit2 sambil diaduk, hingga adonan bisa dibentuk.
Didihkan air yang cukup banyak di panci, beri 1 sdm minyak sayur.
Bentuk adonan pempek sesuai keinginan dengan bantuan sagu agar tidak lengket lalu langsung cemplungkan ke dalam air mendidih di dalam panci.
Tunggu hingga pempek mengapung dan matang. Angkat, tiriskan. Siap disantap atau digoreng garing dan dinikmati dengan cuko pedas manis.



Pempek udang isi telur sedang dalam proses perebusan



Udang giling yang sudah dimixer rata

Komentar

Postingan Populer