Gurame Sambal Mangga


Beberapa hari yang lalu, saya dan si adek nyoba maksi di salah satu resto yang ada di mall. Menu yang dipilih saat itu diantaranya Ikan Krispy Sambel Mangga dan ternyata saya suka sambal mangganya. Berasa kurang puas karena porsi yang di resto itu ga cukup memadai seperti yang saya harapkan, jadilah saya bikin di rumah untuk menu maksi bareng anak-anak.

Ikan yang saya gunakan adalah ikan gurame ukuran cukup besar, 1 ekor 1 kilogram. Sebenarnya ikan apapun bisa digunakan asalkan body nya lebar misalnya kakap, bawal, gurame, mujair, dll. Setelah ikan disiangi lalu disayat/kerat beberapa bagian dan digoreng garing kemudian disiram sambal mangga fresh dari ulekan :-D 
Yuukk yang mau coba, ini saya tuliskan resepnya yaa

Bahan :
1 ekor gurame berat 1 kg, siangi, bersihkan
1 buah lemon, belah dua, ambil airnya untuk melumuri ikan
garam halus secukupnya untuk melumuri ikan

Bahan sambal :
1 buah mangga muda ukuran 1 kepalan tangan, kupas, cuci bersih, cincang/serut kasar memanjang
1 sdm gula merah
10 buah cabe merah keriting
15 buah cabe rawit hijau/merah ukuran sedang
3 buah bawang merah, kupas
1 sdt terasi bakar
garam halus dan gula pasir secukupnya

Cara mebuat :
Goreng garing ikan, angkat, tiriskan, taruh di wadah piring, sisihkan
Ulek garam, cabe merah dan rawit hingga setengah halus, tambahkan bawang merah, gula merah, gula pasir dan terasi bakar, ulek kembali
Masukkan serutan/cincangan mangga muda, ulek kembali hingga tecampur rata (jangan sampai halus mangganya yaaa biarkan masih ada seratnya).
Cicipi, jika sudah pas dengan selera, langsung tuang ke atas ikan goreng. Sajikan.



Komentar

Postingan Populer