Pempek Kulit


Lagi-lagi si Hubby minta dibikinin cemilan buat nonton malem nih.  Untung ada stock di kulkas, kulit tenggiri dan daging ikan gabus yang sudah digiling, jadilah dibikin Pempek Kulit.

Tepungnya dibeli yang instan ukuran sekilo, hanya terpakai sekitar 300 gr. Foto yang di sudut kanan atas, itu pempek yang sudah digoreng setengah matang (digoreng dgn api sedang, minyak setengah panas) kemudian baru digoreng dengan minyak panas, api besar agar garing (foto bawah). Kress..kresss...anget2 di cocol cuko pedas...muantepp dah

Bahan :
250 gr daging ikan gabus giling
250 gr kulit ikan tenggiri giling
200 ml air es
200 gr sagu
50 gr terigu
2 sdt garam
1 sdt penyedap rasa (jika suka)
1 sdt bawang putih giling
1 sdt merica
1 sdt ketumbar
2 telur utuh
1 kuning telur
Minyak sayur untuk menggoreng
Tepung krispy untuk melumuri

Cara membuat :
Campur rata daging ikan dan air, mixer sebentar, masukkan semua bumbu, mixer kembali. Tambahkan telur dan garam, aduk rata, masukkan sagu, aduk hingga jadi adonan yang bisa dipulung. Masukkan sebentar ke freezer agar dingin tapi tidak sampai beku.

Keluarkan dari freezer, ambil sejumput adonan sebesar bola pimpong, pipihkan, gulingkan di tepung krispy, celupkan di air dalam mangkuk, gulingkan kembali ke tepung, langsung masukkan ke dalam minyak panas sedang dengan api kompor yang cenderung kecil. Biarkan hingga mengapung, angkat, tiriskan. Lakukan hingga semua adonan habis.

Setelah semua adonan selesai digoreng setengah matang. Siapkan minyak sayur yang banyak di wajan lain, panaskan dengan api besar. Goreng pempek kulit setengah matang tadi hingga garing kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, siap disajikan dengan cuko yang manis dan pedas.

Komentar

  1. Tepung krispinya terbuat dari apa ya?

    BalasHapus
  2. Tepung krispi tuh apaaan y?, contoh merk nya apa y

    BalasHapus
  3. Tepung krispi tuh apaaan y?, contoh merk nya apa y

    BalasHapus
  4. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer