Seblak Basah


Minggu lalu, si adek kepengen maem seblak basah maka melipirlah saya dan si anak lanang ke jalan Merdeka. Setelah tiba di tempat yang jual, dipesenlah seblak basah isi ceker, kerupuk, telur kocok dan irisan bakso dengan riques rasa pedas. Ga lama, jadilah si seblak dengan porsi se mangkuk sedang seharga Rp. 15ribu. Tak butuh waktu lama buat si adek menghabiskan seblak nya tapi dia kemudian komen kurang puas karena cekernya cuma satu dan isiannya ga banyak. Merengeklah dia minta emaknya ini bikinin di rumah daaannn lagi-lagi si emak ga bisa nolak.

Kemaren sore, belanjalah si emak ditemani anak lanang ke salah satu mall buat beli bahan-bahan seblak. Saya kepinginnya kerupuk yang biasa dipakai sebagai salah satu bahan seblak diganti pempek lenjer yang diiris tipis tapi si adek protes katanya harus kerupuk/kemplang. Yaa udah, saya beli saja kemplang kering ikan tenggiri sebagai pengganti kerupuk sagu. 

Setibanya di rumah, saya siapkan semua bahan agar pagi-pagi setelah sholat subuh, saya bisa langsung bikin seblak. Saya inginnya seblak disajikan fresh, panas dan pedas buat sarapan anak-anak. Setelah seblaknya jadi, ternyata anak-anak suka dan si adek bahkan sampai nambah saking sukanya dengan rasa dan isian si seblak buatan emaknya. Khusus kali ini saya buat makanan ini dalam porsi yang banyak dan melimpah agar anak-anak puas menikmatinya. Hayuuk...mari bikin sendiri di rumah dengan isian suka-suka...  :-) 

Seblak Basah

Bahan :
250 gr bakso sapi, cuci bersih, belah dua
300 gr kemplang ikan tenggiri kering
400 gr cumi, siangi, iris-iris sesuai selera
500 gr ceker ayam, siangi, rendam rebus sebentar, angkat, kupas kulit ari nya
2 butir telur ayam, kocok lepas
Air untuk merebus
Air untuk kuah

Bumbu dihaluskan:
10 buah cabe rawit merah besar
10 buah cabe merah keriting
6 buah bawang merah  
5 siung bawang putih
1 ruas jari telunjuk Kencur, kupas, bersihkan
2 sachet kaldu ayam bubuk
gula pasir secukupnya

Cara membuat :
Rebus ceker di presto selama 20 menit, matikan api, buka tutup presto, masukkan kemplang ikan yg masih kering, tambahkan air rebusan, tutup presto, hidupkan api kompor lalu rebus lagi selama 20 menit. Matikan api kompor, buka presto, angkat ceker dan kemplang ikan, tiriskan.

Tumis bumbu halus hingga harum, tuang air untuk kuahnya, biarkan mendidih.

Masukkan kemplang ikan, masak sambil diaduk hingga kemplang terasa lunak. 
Masukkan ceker, cumi dan bakso, aduk rata, tunggu hingga kuah mendidih kembali.
Masukkan kaldu bubuk dan gula pasir, aduk rata.
Tuangkan telur kocok perlahan sambil diaduk. Tunggu hingga kuah agak mengental.
Cicipi dan koreksi rasa. Jika sudah pas, seblak bisa dituang ke piring saji,

Selamat mencoba.


Komentar

Postingan Populer