Lontong Tunjang


Lontong Tunjang ini adalah salah satu  sarapan khas yang biasa disantap warga Bengkulu. Isi di dalam semangkuk lontong tunjang aslinya adalah irisan lontong, irisan tunjang sapi,  sayuran, kuah santan kental, kerupuk merah dan taburan bawang goreng.

Berhubung setelah muter-muter di pasar sini ga ada yang jual kerupuk merah, terpaksa saya gunakan kerupuk udang sebagai gantinya. Untuk sayurannya saya gunakan nangka muda dan kuahnya menggunakan santan encer saja karena agak ngeri-ngeri syedap kalau pakai santan kental.

Menu ini saya buat untuk sarapan pagi tadi. Sarapan yang "cukup berat" menurut saya tapi yang jelas mengenyangkan. Resep gulai tunjang sudah pernah saya tulis di blog ini, silahkan di "search" dengan key word "gulai tunjang". Jika tidak menemukan penjual tunjang di pasar, bisa diganti dengan kikil.
Nangka muda dan juga tunjangnya saya rebus dengan presto sebelum dimasak agar kedua bahan tadi cepat empuk sehingga tak perlu waktu lama memasak sarapan yang satu ini. Hasil akhir dari masakan ini adalah gurih, agak pedas dan harum khas bumbu dapur. Penasaran dengan rasanya ? Mari dicoba bikin sendiri di rumah.

Komentar

Postingan Populer