Pempek Keriting Ikan Parang


Bikin pempek itu gampang. Tanpa timbangan, tanpa alat cetak kekinian, tanpa sendok takar pun, si pempek tetap jadi.  Ga percaya ? yukk simak disini caranya.

Cara yang saya gunakan adalah cara yang dulu biasa digunakan emak saya kalau sedang ingin bikin pempek. Siapkan mangkuk agak sedang, takar daging ikan giling di mangkuk itu.  Jika setelah ditakar ikan gilingnya pas semangkuk tadi maka air yang digunakan semangkuk itu juga dikurangi 2 jari.

Bahan-bahan yang saya gunakan adalah : 1 kg ikan parang-parang giling Grade A, air matang setakar mangkuk ikan giling dikurangi 2 jari, 800 gram sagu, 1 sdm garam, 1 sdm gula pasir, 1 sdt penyedap (jika suka). Sudah itu saja,  simple khaann.
Saya menggunakan centong nasi yang ada di magic com untuk mengaduk bahan hingga menjadi adonan siap dicetak.
Untuk mencetak pempek keriting, saya menggunakan "pirik" an dari kuningan dan sendok makan cekung untuk mengangkat pempek keriting yang sudah dicetak di pirik an.
Cara buatnya sudah pernah saya posting di blog ini,  silahkan di search dengan kata kunci "pempek keriting".
Silahkan mencoba.


Komentar

Postingan Populer