Maki Sushi


    Di negara asalnya sana, sushi banyak jenisnya. Ada maki sushi, oshi sushi, onigiri sushi, californian sushi, dll. Naahhh yang saya buat kali ini adalah jenis maki sushi yang biasanya dibuat dengan cara digulung tapi yang saya buat ini dengan cara dicetak dengan cetakan khusus sushi berbentuk love. Saya namakan Sushi, Love-Shaped Sushi for my beloved ones



    Isiannya irisan memenjang mentimun, irisan wortel dan crab stick. Aslinya nasi untuk sushi ditambahkan vinegar atau bisa juga perasan jeruk lemon tapi anak-anak saya ga mau nasinya ada rasa asam jeruk, jadi untuk sushi yang saya buat ini tidak memakainya. 
                                                                                                                                                                     Saya sendiri bukan seorang sushi-lover dan seingat saya mungkin baru sekali makan sushi itupun sudah lama banget. Alasannya yaa hanya karena merasa agak aneh saja makan rumput (yg dibilang nori itu) 😁😂 tapi anak-anak jaman sekarang koq ya suka (pake banget) dengan makanan seperti ini, mulai dari sushi pinggiran sampai sushi restoran.

Bahan :
200 gr beras jepang, cuci bersih, tiriskan
Jika tidak punya beras jepang, bisa menggunakan beras pulen ditambah beras ketan 10% nya, atau 
cukup pakai beras pulen dengan takaran air ditambah sedikit agar nasinya lembut
1 sdm air perasan lemon (skip jika tidak suka)
1 sdm minyak wijen
1/2 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
sedikit air panas untuk melarutkan garam dan gula
Air untuk menanak beras hingga menjadi nasi
Isian sushi seseuai selera
1 lembar Nori/lembaran rumput laut
Cetakan sushi, pisau tajam, talenan

Cara membuat :
Nasi yang sudah matang, masukkan di wadah mangkuk lebar dan aduk-aduk hingga uap panasnya berkurang. Masukkan bahan-bahan lainnya lalu aduk-aduk kembali hingga rata. Sisihkan.

Taruh selembar nori di atas cetakan, taruh nasi hingga tingginya setengah cetakan. Tambahkan isian ke bagian tengah nasi lalu tutup kembali dengan nasi di atasnya dan padatkan dengan bantuan centong nasi. 

Tutupkan bagian nori yang berlebih di sisi atas nasi lalu tekan dengan tutup cetakan hingga sushi menjadi padat. Ambil pisau khusus sushi yang tajam. Iris-iris sushi sesuai celah yang ada di cetakan.  Keluarkan sushi dengan cara membalik cetakannya dan susun di atas piring. Sajikan dengan pelengkapnya, shoyu/kecap sushi, mayonaise atau sambal botolan jika suka.


Komentar

Postingan Populer