Takoyaki


Takoyaki, is one of many japanese street food and popular in Japan. Adonan hampir mirip dengan Okonamiyaki (dengan isian sayuran dan daging seafood) namun bentuk hasil akhir Takoyaki dan Okonamiyaki berbeda. Cetakan yang digunakan untuk membuat takoyaki biasanya terdiri dari 12 atau 18 lubang terbuat dari bahan anti lengket (teflon) ataupun dari besi tempa. 
 Takoyaki kalau di tempat asalnya sana diisi dengan irisan daging gurita (tako) tapi karena rada geli juga yaa membayangkan maem tentakel gurita jadi saya pakai irisan daging cumi, khan mirip-mirip juga... heheheh
Boleh ditambah irisan/cincangan daun kol dan daun bawang dalam adonan terigu dan telurnya. Masak dengan cara memutar balik takoyaki yang ada dalam cetakan dengan bantuan 2 buah tusuk sate lalu diisi adonan lagi agar bentuknya benar-benar bulat sempurna.
Okelah daripada cuma ngiler ngeliatin foto, mending coba buat yuukkkk

Takoyaki

Bahan :
400 gr tepung serba guna
600 ml dashi (air kaldu)
2 butir telur ayam 
100 gr daun kol, iris-iris halus
400 gr daging gurita rebus atau cumi-cumi, iris-iris kecil
2 batang daun bawang, iris-iris halus
50 gr ebi, rendam air panas, tiriskan, cincang
Garam dan gula pasir secukupnya
Minyak sayur secukupnya untuk mengoles loyang takoyaki

Toping:
Katsuobushi (serutan daging ikan cakalang asap)
Aonori (bubuk rumput laut hijau), bisa diskip jika tidak ada
Takoyaki sauce 
Mayonnaise
Sambal botolan

Cara Membuat :
Campur semua bahan, aduk rata. 
Panaskan cetakan takoyaki dengan api sedang, olesi dengan minyak sayur.
Tuang adonan hingga setinggi lubang cetakan, kecilkan api kompor, tunggu pinggiran adonan agak mengering, miringkan takoyaki yang sudah setengah matang, isi lagi lubang cetakan dengan adonan, tunbggu sebentar lalu tangkupkan takoyaki yang dimiringkan tadi ke atas adonan yang abru dituang tad. Bolak balik takoyaki dengan bantuan 2 buah tusuk sate. Masak hingga ebrwarna kuning kecoklatan.
Angkat dari cetakan, taruh di pirisng saji. Kucurkan saus takoyaki di atasnya, beri taburan katsuobushi, kucurkan mayonaise dan sambal botolan di atasnya. Takoyaki siap dihidangkan.


Komentar

Postingan Populer