Nasi Uduk Pandan


Semalam lihat isi kulkas rupanya saya punya stok daging sapi di freezer hasil beli di supermarket hari Minggu tadi. Kebetulan punya bumbu malbi juga dan bahan/bumbu lain tapi eehhh malasnya muncul. Daripada lama ngaduk-ngaduk dan nungguin dagingnya empuk di atas kompor, mending saya msak pake slow cooker aja nih malbi. Malam jam 9.30 masukin tumisan bumbu, daging, santan, air dan pelengkap lain dalam slow cooker daaann sebelum subuh si Malbi dah jadi siap di santap buat sarapan.

Setelah punya masakan malbi terus bingung dah, ni masakan mau ditemenin sama apa biar enak. Lagi-lagi ni emak ga mau ribet, diputusin bikin nasi uduk pandan aja dengan menggunakan magic com. Oke deeehh, sarapan untuk anak-anak dah siap. Mariiiii kita santap :-) 

Nasi Uduk Pandan

Bahan :

400 gram beras, cuci bersih, tiriskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sachet kaldu bubuk rasa ayam
2 lembar baun pandan
1 sdt pasta pandan
400 ml santan sedang
3 siung bawang merah ukuran agak besar, haluskan
1 batang serai ukuran ekcil, ambil bagian putihnya, geprek
Air secukupnya, menyesuaikan jenis beras

Cara membuat :
1. Masukkan beras yang sudah ditiriskan ke dalam mangkuk magic com
2. Tambahkan semua bumbu, santan dan air secukupnya seperti biasa jika memasak nasi di magiccom. Lebihkan sedikit agar nasi bertesktur pulen nantinya.
3. Aduk rata lalu tekan tombol on. Selama proses memasak, sesekali di aduk agar matang merata.
4. Setelah matang, aduk rata kembali biarkan 5-10 menit hingga nasi benar-benar matang sempurna.
5. Nasi uduk siap dinikmati dengan pelengkapnya : malbi daging sapi, tumisan mie bakso sayuran, sambal buah, acar mangga muda dan taburan bawang goreng.




Komentar

Postingan Populer