Nasi Biryani / Briyani


Saya suka dengan masakan nasi yang berbumbu, baik itu nasi uduk yang berwarna putih atau nasi yang berwarna kuning muda, kuning tua ataupun kemerahan. Berbagai kota/negara mempunyai jenis masakan nasi yang berbeda dengan penggunaan jenis beras yang berbeda pula. Kalau di Palembang yang paling sering dijadikan hidangan adalah Nasi Kebuli dan Nasi Minyak yang diadaptasi dari negara Timur Tengah. Resep kedua jenis nasi tadi sudah pernah saya posting di blog ini, silahkan dicontek dan dicoba.

Kali ini saya bikin Nasi Biryani atau Briyani atau Biriyani yang berasal dari salah satu negara yang ada di Asia Selatan. Agar semirip aslinya, saya gunakan beras basmati yang bentuknya panjang dan langsing. Nasi ini warnanya tidak sekuning nasi kebuli dan juga tidak semerah nasi minyak Palembang, Kalau soal taste, i prefer this one comparing to Nasi Kabsah (Arab) yang pernah saya buat. Tastenya lebih "light" dan tekstur nasinya pas sesuai lidah saya. 

Ciri khas nasi biryani adalah nasi nya tidak merata warnanya ada yang berwarna agak putih dan ada yang kekuningan karena itu saya gunakan 2 jenis beras yaitu basmati dan pera. Beras basmati jangan dimasak dengan air yang banyak karena hasil akhir yang diinginkan adalah nasi dengan tekstur pera bukan pulen.

Jika di negara asalnya sana, nasi ini dimasak dengan periuk tapi seperti biasa saya sukanya yang simpel maka magic com jadi pilihan. Setelah lampu cook di  magic com, berpindah ke warm, buka tutup magic com lalu aduk-aduk nasi hngga rata kemudian, tambahkan kismis dan almond (jika ada), tutup lagi, tunggu 5 menit. Nasi siap disantap dengan pelengkapnya yaitu ayam panggang, acar, sambal nanas dan tumis buncis.

Bahan :

1 kg ayam ukuran sedang, potong 8 bagian, cuci bersih, tiriskans
1 cup plain yoghurt/susu cair
2 cup beras basmati warna agak kuning
1 cup beras pera warna putih
1 sdm peres cabe bubuk
1 butir bawang bombay. cincang 
4 butir bawang merah, iris halus
1 sdm almonds slices (skip jika tidak suka/tidak punya)
2 sdm kismis warna kuning
3 cups air
1 cup minyak samin
Garam secukupnya
1 sachet Kaldu bubuk rasa ayam

 Bumbu dihaluskan:

6 butir bawang merah
 3 butir bawang putih
4 cm jahe

Rempah :
1 sdm munjung bumbu bubuk rempah briyani Shan
3 biji buah kapulaga
1 ruas jari kayu manis, potong 2-3 bagian
1 kuntum bunga lawang
3 biji cengkih 
sejumput daun mint, iris halus
sejumput daun ketumbar, iris halus



Cara Membuat : 

Siapkan wadah panci magic com, taruh di atas kompor menyala dengan api sedang. Panaskan minyak samin dalam wadah magic com lalu tumis bawang bombay dan bawang merah hingga harum. Tambahkan bumbu halus, aduk rata.
Tuang air dan susu cair, tunggu hingga mendidih.

Masukkan daging ayam potong, aduk rata, tambahkan bubuk rempah dan bumbu bubuk lainnya, aduk rata, tunggu mendidih dan ayam matang. Cicipi, jika sudah pas rasanya, matikan kompor, angkat ayam dan tiriskan, sisihkan. Panggang ayam sebentar di atas teflon dengan menambahkan sedikit kecap manis, bolak balik ayam hingga matang sempurna dan warnanya cantik.

Masukkan beras basmati dan beras pera ke dalam wadah, hidupkan api kompor, masak beras hingga air menyusut. Matikan api kompor dan pindahkan wadah ke dalam magic com. Tekan tombol cook, tunggu hingga tombol berpindah ke warm.
Buka magic com, aduk-aduk nasi di dalamnya, tambahkan daun ketumbar, daun mint, kismis dan almonds, aduk kembali, lalu tutup magic com dan tunggu 5 menit.
Nasi siap disajikan dengan ditaburi bawang goreng. 

Komentar

Postingan Populer