Bakso Sapi Kuah


    Cuaca di Palembang hari ini cukup dingin dan adem. Matahari sepertinya sedang enggan buat nongol..heheheh. Pas banget deh cuaca seperti ini buat ngebakso. Semua bahan dah dibeli dari pasar jadi bahan-bahannya memang betul-betul fresh. 

    Kuahnya sengaja dibikin yang oke punya, pakai kaldu cincangan daging sapi plus tulang kaki sapi. Hari ini harga daging sapi Rp. 130.000/kilo, kaki sapi Rp. 30.000,-/satuannya, daging ayam Rp. 30.000,-/kilo.  Berhubung si adek suka banget yang namanya sum-sum tulang sapi, jadi cari kaki sapinya yang bagus yaaa biar si adek tambah asyik nyeruput sum-sum sambil ngabisin bakso. 

    Meski tanpa tambahan MSG, kuahnya benar-benar lezat karena bumbunya dibuat sesuai selera saya ðŸ˜Š Untuk sekali ini pentol baksonya memakai karagenan dan dibuat versi yang kecil dan yang besar berisi cincangan daging sapi. Di bawah ini saya tuliskan resep dan cara buatnya yaa, silahkan dicoba.

Bakso Sapi Kuah

Bahan ; 
Daging sapi bagian paha 750 gr dicampur 250 gr daging ayam, bersihkan lemak/gajih dr dagingnya, potong-potong
Sagu 150 gr
Putih telur ukuran besar 2 biji, 
Bawang putih goreng 6 siung, 
Merica bubuk 1/2 sdt, 
Garam 2 sdt, 
Kaldu bubuk rasa sapi 1 sachet
Pecahan es batu kecil 200 gr,
Karagenan 20 gr (biar bakso kenyal) 

Cara membuat : 
es batu setengahnya dulu, daging yang sudah dipotong-potong, bwang putih, putih telur, karagenan giling 5 menit speed 1 sampai lembut. Masukkan sagu, garam, sisa es batu mix lagi 20 menit sampai tercampur rata. Keluarkan dari food processor taruh di baskom lebar. Celupkan tangan di air agar adonan tidak melekat di tangan, ambil adonan lalu banting2 kurleb 20 x hingga adonan terlihat halus dan elastis saat disentuh.

Panaskan air di panci smpai mendidih sebentar saja, matikan apinya, bentuk adonan bulat atau sesuai selera, cemplungkan ke dalam air panas di panci. Di air rebusan bisa di kasih cincangan daging/tetelan. Setelah semua adonan selesai dicemplung dlm panci, besarkan sedikit api kompor (jangan sampai air jadi mendidih bergolak) lalu rebus sekitar 5 menit hingga mengapung/matang, angkat, tiriskan.

Kuah bakso tulang sapi :
6 butir bawang putih goreng &1 sdm munjung bawang merah goreng, haluskan + 1 sdm merica bubuk, masukan ke dalam panci yg berisi air didihkan, 1 buah tulang kaki sapi, potong 3 bagian, cuci bersih lalu masukkan ke dlm  air rebusan bumbu td, tambahkan garam, gula pasir, kaldu bubuk, 4 sachet bumbu kuah bakso instan, 5 sdm kecap ikan, 1 btg daun bawang utuh dan 3 btg seledri utuh. Biarkan mendidih. Ambil lemak kecoklatan  yg mengapung di kuah hingga kuah bening/bersih, lanjut rebus kembali, saring sambil dituang ke panci lain, didihkan lagi bersama tulang kaki sapi tadi, cicipi. Matikan kompor.

Siapkan mangkuk isi mie, soun,toge, caisim sesuai selera. Siram dgn kuah panas, beri pentol bakso, sajikan dgn pangsit goreng, taburan bawang goreng, saus, perasan jeruk kunci, sambal kecap botolan dan sambal rawit.

Ini saat bahan dimasukkan ke food processor


Semua bahan sedang digiling jadi adonan


Setelah jadi adonan, seperti ini penampilannya


Pentol baksonya sudah ada beberapa yang mengapung akan segera matang


Komentar

Postingan Populer