Lepet Ketan


Bikin kudapan yang satu ini karena ingin menyenangkan si adek. Dia pernah makan ini sewaktu lebaran di rumah Barop nya dan kali ini kepingin dibuatkan oleh emaknya. Okelah kalo begeto, mari kita siapin bahannya.

Ketan sudah siap, kelapa parut nanti bisa dibeli di warung, garam ada di dapur, santan instan sudah ada dan yang belum siap hanya janur kelapanya. Sudah seminggu tanya sana sini, cek ke pasar sana sini, tuh janur sulit banget nemunya yak. Penjual ketupat bilangnya tuh janur cuma ada kalau pas mau lebaran saja. Laahh gimana dong saya perlunya sekarang. Yawdah, pagi tadi sewaktu ke rumah mertua, coba nanya ada ga yang bisa ngambilin janur kelapa di pohonnya secara di daerah situ cukup banyak pohon kelapa.

Singkat cerita, ada salah satu rumah yang si empunya bersedia janur kelapanya kami ambil tapiii masalahnya siapa yang bisa dan mau memanjat itu pohon ?? Tanya lagi sana sini dan akhirnya ketemu salah satu bapak pengayuh beca yang bersedia mengambilkan janur kelapa tersebut. Ga nunggu lama dapatlah 2 pelepah besar janur kelapa dan langsung ditenteng pulang.

Begitu sampai di rumah, lanjutlah bikin lepet ketan dibantu kakak. Ternyata oohh ternyata, karena baru pertama kali bikin, tangan kami berdua belum begitu luwes membungkusnya tapi setelah beberapa kali lancar juga. Okedeee langsung direbus dalam presto 30 menit kelar dehh. Si adek langsung menikmati bersama malbi daging dan rendang pedasnya. Rasa capek langsung hilang melihat si adek dan kakaknya menghabiskan tiap prosi hidangan ini.

Lepet Ketan

Bahan : 
1 kg beras ketan, cuci, tiriskan
2 sdt peres garam
100 gr kelapa parut
1 kotak santan instan

Cara membuat :
Campur semua bahan, diamkan 15 menit. Masukkan ke dalam contong janur yang sudah disiapkan, ikat dengan tali rafia mengelilingi contong, rapikan, sisihkan.
Panaskan air dalam presto (jangan sampai mendidih), masukkan lepat ketan yang sudah dibungkus janur, besarkan api kompor, rebus 30 menit setelah terdengar suara mendesis dari presto. Tunggu hingga matang, angkat, tiriskan, setelah agak dingin, potong-potong. Sajikan dengan lauk malbi daging atau rendang.


Lepet Ketan yang siap direbus


Komentar

Postingan Populer