Tekwan Sagu


Selain tekwan berbahan dasar ikan, di Palembang tekwan juga ada yang tanpa ikan. Tekstur tekwan jenis ini adalah lembut dan meluncur dengan lancar di kerongkongan :-D 
Saya suka tekwan ini karena tekturnya itu yang gampang ditelan. Kalau soal rasa, tergantung selera kita dalam membuat kuahnya namun memang untuk tekwan sagu ini, udang yang digunakan paling pas adalah udang ragu/rebon bukan udang basah. Ingin mencoba ? ini saya sertakan resepnya yaa...

Tekwan Sagu

Bahan :
250 gr terigu
400 gr sagu
550 ml air mendidih
1 butir telur, kocok lepas
2 sdt garam halus
1 sdt gula

Cara membuat :
Campur terigu, garam, gula, aduk rata. Tuangkan air mendidih, aduk cepat hingga jadi adonan yang rata dan halus. Sisihkan biarkan dingin.
Tambahkan telur kocok, aduk rata lalu masukkan sagu secara bertahap sambil diaduk hingga adonan bisa dipulung. Sisihkan.
Didihkan air di panci, tambahkan 3 sdm minyak sayur. Ambil sejumput adonan, pulung agak pipih lalu cemplungkan ke air yang sudah mendidih. Lakukan hingga adonan habis. Jika tekwan sudah mengapung, angkat, masukkan ke dalam wadah baskom yang berisi air matang dingin, tiriskan, angkat.

Bahan kuah :
4 butir bawang merah
5 butir bawang putih
1 sachet Kaldu instan
1 sdt merica
1/4 sdt pala
1 buku jahe, memarkan
2 sdm munjung udang ragu/rebon
2 buah Bengkuang ukuran agak kecil, kupas, bersihkan, potong korek api, rebus setengah matang
1 bungkus jamur kuping
1 bungkus sedap malam
2 batang seledri, iris halus
2 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan udang ragu/rebon, aduk rata, tunggu sebentar lalu tambahkan air. Jika air sudah mendidih, tambahkan bahan-bahan lainnya kecuali seledri dan daun bawang, tunggu hingga mendidih, cicipi. Jika rasanya sudah pas, matikan api, masukkan irisan seledri dan daun bawang, aduk.

Pelengkap :
1 sdm Bawang merah goreng
Sambal Cabe rawit
Kecap Manis
Kecap Asin
Air perasan jeruk kunci/cuka putih
Soun, rendam air hangat, tiriskan
Irisan mentimun

Penyajian :
Taruh tekwan di piring/mangkuk saji. Tuangkan kuahnya panas-panas lalu taburi bawang goreng. Sajikan tekwan dengan bahan pelengkap lainnya. 






Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer