Pempek Kapal Selam


Sarapan orang Palembang itu ga jauh dari pempek, laksan, celimpungan, burgo, lakso dan makanan khas lain. Kalau di daerah lain, kebiasaan orang-orang sarapan dengan menyeruput kopi tapi di Palembang penduduknya terbiasa menyeruput cuko pempek..hahahahaa

Meski sedari kecil sudah terbiasa dengan jenis sarapan seperti ini tapi herannya gigi orang-orang Palembang itu jarang yang terkikis ataupun rusak karena menyeruput cuko sambil makan pempek hampir setiap hari. Pempek plus cuko nya di Palembang sini dinikmati tanpa mengenal waktu, mau pagi siang malam hujan ataupun sedang panas terik, tetap ngangeni untuk dihabiskan setiap porsi yang terhidang.

Kali ini saya buat pempek telur besar alias pempek kapal selem untuk sarapan anak-anak. Pempeknya digoreng garing, potong-potong lalu beri taburan cincangan mentimun dan disiram cuko pedas asam manis. Woaaaaa mantap sangat daahh.

Pempek Kapal Selam

Bahan :
1 kg daging ikan kakap giling
4 sdm minyak sayur
600 ml air es
800 gr sagu utk adonan, 200 gr utk melapisi telapak tgn
1 sdm munjung garam halus
1 sdm munjung gula pasir

Cara :
Larutkan gula dgn air es, tuang ke wadah yang berisi ke daging giling, tambahkan minyak sayur, mixer speed rendah hingga tercampur rata, tambahkan garam, mixer rata.

Tambahkan sagu se centong sayur, aduk rata, tambahkan kembali sagu secara bertahap, aduk rata, lakukan hingga sagu habis dan didapat adonan yang kalis. Ambil adonan sebesar kepalan tangan, bentuk seperti silinder pendek, tusuk bagian tengahnya dengan jari telunjuk lalu memutar dengan bantuan ke-4 jari lainnya hingga terbwntuk lubang dalam dibagian tengan adonan. Masukkan kuning dan putih telur ke dalamnya lalu tutup bagian atas adonan, rapatkan dan rapikan bentuknya lalu langsung cemplungkan ke dalam panci yang berisi air mendidih. Rebus hingga pempek mengapung dan matang. Angkat, tiriskan, tunggu dingin bisa digoreng garing sebelum disajikan.


Komentar

Postingan Populer