Ketupat Kuah Pakis


Ga sengaja kemarin ketemu tempat sarapan di dekat terminal Sako. Berhubung pas banget lagi laper, tak samperin tuh warung, rupanya yang jual Uda orang Padang. Di gerobak kaca temoat si Uda jualan tertulis sedia ketupat kuah pakis, naaahhh ini yang lain daripada yang lain. Biasanya kuah ketupat itu kalau ga opor ayam, kuahnya sayur labu siam atau nangka muda atau pepaya muda potong korek api tapi kalau kuahnya gulai pakis, saya belum pernah nyoba.

Penasaran dengan rasanya, saya langsung pesan sepiring ketupat kuah pakis tapi sepertinya saya lagi ga beruntung, sayur pakis nya habis tinggal kuahnya aja kata si Uda. Waahh sayang sekali yaaa...yawda daripada ngiler ga terkabul keinginan, hari ini saya bikin sendiri saja sarapan ini dan pastinya komplit dengan si sayur pucuk pakis. Kenyaangg dan anak-anak suka sarapan ini...hehehee

Ketupat Kuah Pakis

Bahan Kuah Pakis :
4 ikat pakis, ambil pucuk daunnya yang muda
200 gr santan kental
300 gr santan encer
100 gr udang kering/ebi, rendam air hangat sebentar, tiriskan
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu dihaluskan :
1/4 sdm cabai merah giling
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 jari jahe
1 jari kunyit
1 jari lengkuas
1 butir kemiri
1 sdm merica butiran
Garam dan gula secukupnya

Bumbu pelengkap :
2 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
2 buah asam kandis

Pelengkap :
1 buah ketupat matang ukuran besar
2 buah telur rebus, belah dua
Kerupuk ubi atau emping secukupnya
Sambal goreng/sambal cenge secukupnya
Bawang goreng untuk taburan
Bihun tumis, jika suka

Cara Membuat :
1. Pakis dibersihkan, dicuci, dipotong-potong
2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, tambahkan ebi, sereh dan asam kandis, aduk rata, masukkan santan encer, masak hingga mendidih.
3. Masukkan daun pakis dan daun salam serta santan kental, masak hingga mendidih dan matang, cicipi rasanya, jika sudah pas, matikan api kompor.
4. Siapkan potongan ketupat di atas piring saji. Tuang kuah dan pakisnya. Beri potongan telur, emping, bihun dan sambal. Taburi bawang goreng. Siap dihidangkan.

Komentar

Postingan Populer