Lemon Tart


Sudah lama ga ngumpul bareng temen-temen yang punya hobby sama yaitu cooking & baking. Setelah rembukan bareng di grup, sepakat bakal ngumpul di hari Sabtu tanggal 7 Januari 2017 siang. Seperti biasa, setiap ngumpul kami mencoba membuat sesuatu yang intinya menambah ilmu per-cookingan & per-bakingan. Kali ini bikin Tart yang lagi nge-hits wara wiri di grup masak dan fb. 

Pertama kali lihat tart yang satu ini, dikira kulitnya sama dengan pie ternyata agak beda. Kulitnya beraroma kuat butter sedangkan isiannya beraroma lemon segar. Sungguh, makan satu ga akan cukup karena tart ini bener-benar segar dan enak. 

Lemon Tart

250 gr terigu segitiga biru
90 gr gula icing
1/2 sdt garam
1 sdt vanila esense
60 gr butter batangan misalnya Elle
65 gr margarine
1 butir telur

Cara membuat
Ambil kuas silikon, olesi rata loyang muffin dgn margarine, sisihkan.
Panaskan oven 160 dercel.
Campur margarine, butter dan gula, mixer rata hingga berbutir-butir. Masukkan terigu, garam dan vanila, mixer lg hingga rata. Terakhir masukkan telur, mixer kembali. Ambil adonan, kepal2 hingga agk padat dan bentuk bulat, masukkan dalam loyang. Tekan dengan pie puncher, rapikan pinggiran atasnya. Lakukan hingga semua lubang loyang terisi.

Panggang dlm oven kurleb 25-30 menit. Keluarkan dari oven. Tunggu sebentar, balikkan loyang di atas talenan lebar, ketuk-ketuk dasar loyang agar tart lepas dari loyang. Angkat loyang stlh semua tart lepas. Balikkan tart dan isi dgn pastry cream, beri toping sesuai selera. Taruh di piring saji. Siap dinikmati.

Pastry cream
250 ml susu cair full cream
80 gr gula pasir
18 gr tepung custard
2 butir kuning telur
20 gr butter
1 sdt vanila pasta
1 buah jeruk lemon ukuran besar, parut kulitnya lalu belah dan peras airnya

Cara membuat
Campur 150 ml susu dan semua gula, aduk lalu panaskan di atas kompor api kecil. Sisa susu campur dgn tepung custard n kuning telur, aduk rata. Setelah susu di panci hampir mendidih, tuang campuran tepung custard, aduk cepat, masak hingga meletup-letup dan mengental. Tambahkan butter, vanila, kulit jeruk dan air lemon. Angkat dari atas kompor, aduk-aduk hingga uap panas berkurang lalu saring, tunggu hingga agak dingin lalu tuang ke dalam tart. Beri toping sesuai selera dan setelahnya siap disajikan.



Komentar

Postingan Populer