Bakso Kuah


    Di luar sedang hujan, sedari pagi mendung terus nih langit. Cuaca gini paling cocok maem yang anget-anget dan sepertinya bakso kuah panas-panas paling pas pastinya bakalan syedaaappp sangat. 

    Kali ini saya buat bakso dengan mencampur daging sapi dan daging ayam. Sekadar pengen tau bakalan jadi seperti apa teksturnya. Adonan bakso saya isi telur sesuai request anak-anak, selain itu juga diisi potongan keju chessy yang gampang lembut kalau terkena panas dan yang satunya lagi saya buat bakso ori tanpa isian.

    Untuk pelengkap tidak lupa sediakan bawang merah goreng dan irisan daun sop/seledri untuk taburan serta peresan jeruk kunci. Tentu saja sambel rawit, kecap manis, saus tomat dan saus cabe botolan yaaa...srluupppp...nyamm nyaammm..

Bahan Bakso :
500 gr daging sapi bagian paha belakang, bersihkan, tiriskan, potong-potong agak kecil
500 gr daging ayam, bersihkan, tiriskan, potong-potong kecil
375 gr pecahan es batu
150 gr sagu
5 gr Phosmix foodgrade
20 gr garam
20 gr gula pasir
30 gr bawang putih halus
2,5 gr merica bubuk
2,5 gr kaldu bubuk (bisa pakai maggi blok, hancurkan)
seujung sdt baking soda

Cara membuat :
Masukkan daging, phosmix, garam dan 1/2 bagian pecahan es batu dalam food processor (FP) lalu proses hingga halus. Matikan FP.
Tambahkan bawang putih halus, gula pasir, merica, kaldu bubuk, giling kembali. Matikan FP.
Masukkan sagu tani dan baking soda, giling lagi hingga kalis.
Panaskan air dalam panci di atas kompor. Saat air sudah mengeluarkan uap tapi belum mendidih, matikan kompor dan pindahkan panci ke atas meja.
Bentuk bulat bakso menggunakan telapak tangan, dan remas hingga bulatan bakso keluar dari jari jempol telunjuk. 
Ambil, cungkil bulatan bakso dengan bantuan sendok lalu langsung cemplungkan ke dalam air hangat dalam panci. Lakukan hingag adonan habis.
Letakkan panci berisi bulatan bakso ke atas kompor, hidupkan api, rebus bakso hingga matang sambil sesekali di aduk. Jangan terlalu lama merebus baksonya yaaa...
Setelah matang, angkat, tiriskan. 
Bakso siap disajikan dengan pelengkapnya kuah panas, mie kuning, bihun, irisan sawi, taburan bawang goreng, daun seledri, daun bawang, sambal cabe rawit, kecap, saus tomat, saus sambal dan perasan jeruk kunci. 

Komentar

Postingan Populer