Cilok Bumbu Kacang Pedas


Pulang kerja berasa laper tapi mau makan yang "berat" rada males. Buka kulkas, eehh ada cilok yang sudah dikemas tapi belum sempet di apa-apain. Sebenernya ga sengaja sih bikin cilok kemarin itu karena belum bikin aja udah kebayang bakalan lama bulet-buletin tuh cilok (pengalaman bikin cilok sebelumnya)... hadeehh ampe pegel dah jari tangan.  Jadi kali ini, nih cilok saya buletin dengan cara yang sama seperti buletin pentol bakso supaya lebih cepet selesainya.

Pas cari-cari bahan untuk bumbunya, kebetulan ada bumbu sate instan dan cabe merah giling di kulkas. Tanya-tanya si adek dan kakaknya, mau ga kalau ibuk bikinin cilok pedes, ternyata mereka mau. Yawdaa...  mareee kalau begitu, kita karyakan bahan-bahan yang sudah ada ini. Cuuussss...langsung idupin kompor.  Meski harga cabe masih relatif mahal tapi karena kadung membayangkan enaknya cilok dengan rasa pedas, cabe merah giling 2 sendok makan langsung ditumiskan di wajan. Huh   hah   huh   hah   pedasnya nampol ...


Cilok Bumbu Kacang Pedas

Bahan:

300 gram tepung sagu
300 gram terigu protein sedang
1 sdt bawang putih giling
1/2 sdt garam
2 sachet kaldu bubuk instan
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt gula pasir
650 ml air mendidih
1 batang daun bawang, iris halus
Air di panci yg ditambah 1 sdm minyak sayur untuk merebus cilok

Bumbu :
Bumbu sate siap pakai, air, gula pasir dan cabe merah giling (sesuai selera)

Cara membuat:

1. Campurkan sagu tani, terigu, irisan daun bawang, aduk rata,  sisihkan.
2. Campur air, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih.
3. Panas-panas tuangkan air rebusan tadi bertahap ke dalam campuran tepung, sambil diaduk rata menggunakan centong kayu/sendok magic com (jangan pake tangan). Bila dirasa adonan sudah bisa dipulung dan air masih bersisa, hentikan penambahan air.
4. Biarkan agak hangat. Bulat-bulatkan adonan dan langsung cemplungkan dalam panci berisi air rebusan. Lakukan hingga adonan habis.Angkat. Celupkan je air matang dingin.
5. Ambil lidi sate, tusukkan bbrp cilok, susun di piring.
6. Tumis bawang merah dengan sedikit minyak sayur, tambahkan bumbu sate instan, gula pasir lalu beri air sedikit, aduk rata. Cicipi, jika sudah pas rasanya, gulingkan sate cilok ke dalam bumbu kacang, angkat dan taruh di piring saji. Siap disantap.dengan menambahkan kecap manis.

Komentar

Postingan Populer