Marble Butter Cake


Sudah seminggu ini pengen banget maem ni kue..#koqKayakOrgNgidamSeehh..
Meski beberap hari lewat temen kantor dah berbaik hati membelikan sponge cake pandan tapi tetep aja masih terkenang-kenang akan dikau butter cake sayaangg...#lebayDotCom 😁
Yawdàa daripada kepengen terus, bikin sendiri aja laahh daann cuusss.. seloyang butter cake hangat sudah tersedia di atas piring saji..hehehhehe
Ga salah-salah neh lebih banyak butter daripada margarinenya supaya cake jadi moist, lembut dan wangiii semriwingg. Yuukk dicoba bikinnya...

Marble Butter Cake

Bahan :
- 225 gram tepung terigu protein renda
- 25 gr susu bubuk
- 200 gram butter, suhu ruang
- 100 gr margarine
- 200 gram gula pasir
- 7 kuning telur
- 6 putih telur, mixer hingga kaku
- 1/2 sdt vanili
- 1/2 sdt vaking powder
- 1 sdm munjung coklat bubuk 
- 2 sdt pasta coklat

Cara membuat:
Siapkan oven, set disuhu 170'C. Siapkan loyang tulban 20 cm tinggi 8 cm, olesi loyang dengan carlo atau margarine+terigu. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan mentega n gula, mikser hingga berwarna pucat. Masukkan kuning telur satu persatu (jika masukkan kuning telur secara sekaligus akan membuat adonan menjadi encer, bergerindil dan tampak pecah (terpisah antara minyak dan air). Mixer terus hingga adonan menjadi lembut dan merata. 

Masukkan terigu, BP, susu bubuk n vanili dengan cara diayak langsung di atas adonan butter. Mixer speed 1 hingga tercampur rata.  Masukkan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan butter dan aduk perlahan dengan teknik aduk balik hingga rata. Masukkan sisa putih telur dan aduk perlahan hingga semua adonan tercampur dengan baik. 

Ambil 150 gr adonan, campurkan adonan dengan coklat bubuk n pasta coklat, aduk rata. Tuangkan 1/3 adonan putih di dasar loyang. Kemudian tuang adonan coklat di atasnya. Dengan menggunakan garpu atau pisau tusuk adonan dan buat pola lingkaran-lingkaran di permukaan adonan hingga terbentuk pola marmer. Kemudian tuang lg 1/3 adonan putih, lalu adonan coklat, buat lg pola lingkaran. Lakukan hingga adonan habis.  Ratakan permukaan cake dengan menghentakkan loyang perlahan.

Panggang di oven selama 30 menit atau test dengan lidi, jika adonan tidak menempel lagi di lidi maka keluarkan cake dari oven dan diamkan hingga uap panasnya menghilang. Lepaskan cake dari loyang, biarkan dingin dan potong sesuai selera.

Cake akan lebih padat dan legit jika dimasukkan ke dalam kulkas selama semalam.

Komentar

Postingan Populer