Pie Susu

Kali ini bikin pie susu versi loyang besar. Pie ini bisa dibuat dengan 2 cara, pertama bisa langsung dipanggang tapi waktu panggangnya cukup lama sekitar 1 jam an. Atau bisa juga dengan cara bahan isiannya dimasak terlebih dahulu untuk menyingkat waktu pemanggangan.
Resrp dibawah ini pas banget untuk ukuran loyang bulat 20 cm. Yuukk dicoba...

Pie Susu

Bahan Kulit Pai:
150 gram margarin 
1/4 sdt garam 
50 gram gula tepung 
2 butir telur uk. sedang
300 gram terigu protein sedang 
30 gram tepung custard
1/4 sdt vanila ekstrak

Bahan Isi:
400 ml susu cair UHT atau 1 kaleng susu evaporated + air
30 gram maizena 
120 gram gula pasir 
4 butir telur uk.sedang
1/2 sdt vanila cair

Cara membuat:

Kulit, 
Ayak terigu, gula halus, maizena, garam. Masukkan margarine, telur kocok n vanila cair, aduk dgn pastry blender hingga berbutir halus kemudian lanjut aduk dgn tangan hingga rata hingga jd adonan, bulatkan, diamkan 15 menit.

Olesi loyang pie 20 cm dgn minyak pake kuas hingga rata. Ambil adonan kulit, cetak di loyang pai. Rapikan pinggirannya (bisa mnggunakan sumpit agar berlekuk2). Tutup dgn plastik wrap, simpan dlm kulkas 15 mnit. Keluarkan.

Isi, 
Kocok telur hingga pucat, sisihkan 
Aduk dgn whisk susu cair dan gula, rebus sambil diaduk hingga gula larut dan pinggiran adonan di panci ada buih kecil2. Matikan kompor. Aduk hingga uap panas hilang. Ambil 1 sendok sayur, campurkan ke maizena, aduk rata.

Masukkan telur ke dalam rebusan susu, aduk cepat hingga rata, dan tambahkan tepung maizena cair. Masak lg hingga agak mengental. Angkat. Masukkan bahan lain, aduk rata. Saring lalu tuang ke dalam kulit pai. Panaskan oven 160 dercel. Panggang dengan api bawah rak bawah  10 menit kemudian api atas 30-40 menit hingga matang.

Komentar

Postingan Populer