Bacang isi Ayam


    Tidak punya daun bambu bukan berarti tak bisa bikin Bacang yaa. Gunakan daun pandan yang lebar-lebar bisa koq tapi di layukan dulu yàa daun pandannya. 
    Ini hasil bacangnya...cantik, pulen dan wangi pandan pastinya. Kalau ingin cepat dan ringkas, bisa direbus dalam presto dan hanya perlu waktu 20 menit kelar dah :-) . 
    Bacang biasanya dibuat dalam 2 versi, bisa menggunakan bahan dasar beras atau bisa menggunakan beras ketan putih. Saya lebih suka menggunakan beras ketan karena bagi saya Bacang ini cemilan dan dinikmatinya saat senggang bukan sebagai penganan utama. 
    Menyantap bacang saat sarapan atau coffee break sore bisaaa 😊 ditemani secangkir teh or kopi panas bisaaa. Yuukkk aahhhh lanjut kita yak 
Bacang Isi Ayam

Bahan : 
1 kg beras ketan, cuci, tiriskan
200 ml santan encer
2 soung bawang merah, iris2 halus
4 siung bawang putih, iris2 halus
1 sdm kecap asin
1 liter air
1 sachet kaldu bubuk rasa ayam
Minyak sayur secukupnya
Daun pandan lebar, potong2 
Tali rafia untuk pengikat, masing2 belah dua agar tdk terlalu tebal

Isi :
3 sdm minyak sayur
1 sdm minyak wijen
5 siung bawang putih, cincang
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang
500 gr daging ayam giling
2 sdm tongcay, seduh air mendidih, tiriskan
1 sdt  merica bubuk
1 sdt jahe halus
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
2 sdm kecap ikan
1 sachet kaldu bubuk rasa ayam
1 sdm peres gula merah sisir
2 batang daun bawang, iris tipis
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat bacang :
Campur semua bahan kecuali duo bawang dlm panci, aduk rata. 
Tumis duo bawang hingga harum lalu tuang ke dlm panci tadi, aron sambil diaduk hingga air santan terserap habis, sisihkan

Cara membuat isian :
Panaskan minyak sayur, tumis bawang2an hingga harum. Masukkan daging ayam giling, aduk2, tuang air sedikit, aduk dan tunggu hingga daging ayam  hingga berubah warna. Tambahkan bahan lain, aduk, cicipi, jika rasanya sudah sesuai, angkat, sisihkan.

Penyelesaian :
Ambil 2 lembar daun pandan (yang berwarna hijau gelap yang kena adonan), tekuk hingga menyerupai corong. Masukkan 2 sdm adonan ketan ke dalamnya, padatkan, beri 1 sdm penuh isian, tutup lg dgn 1 sdm penuh adonan ketan. 
Tutupkan ujung daun pandan dan bentuk jadi bersudut 4. Ikat dgn tali rafia dan sisakan ujung talinya memanjang agar gampang disatukan dgn bacang2 lain saat akan direbus. Lakukan hingga adonan habis.

Panaskan air dlm presto. Masukkan bacang2 yg sudah siap direbus. Tutup presto dan tunggu hingga 20 menit setelah bunyi mendesis, baru matikan kompor. Angkat, tiriskan. Siap disajikan saat sudah dingin.


Tampilan Bacang saat siap untuk direbus


Komentar

Postingan Populer