Cuko Pempek



    Jargonnya wong Palembang itu salah satunya "Pempek Dak Becuko, Apo Lemaknyo"...:-D 
    Meski lucu tapi ada benarnya jargon itu karena memang pempek itu paling enak dimakan selagi hangat langsung dicocol cuko. 

    Cuko yang enak sangat bergantung dari bahan baku yang berkualitas terutama gula batoknya yang menjadikan cuko kental, manis dan berwarna kehitaman. 
    Kebetulan dapat oleh-oleh dari kawan kantor, gula batok asli kota Lubuk Linggau, SumSel. Warnanya coklat kehitaman, wangi, manis dan gampang dicairkan, cocok kali dibuat cuko pempek. Tambahkan cabe rawit, bawang putih, ebi yang diulek kasar kemudian masukkan ke air di panci yang sudah berisi gula batoknya. Beri tambahan air sam jawa, tongcai, garam, gula pasir, kecap asin sedikit. Tunggu mendidih sambil sesekali diaduk, masak sebentar, cicipi, jika sudah pas rasanya, angkat dan saring langsung tuang ke wadah. Jadi dueh si cuko. Pempeekkk...mana pempek ?? šŸ˜šŸ˜€
Cuko Pempek 

Bahan : 
1 kg gula batok
200 gr bawang putih (haluskan)
100 gr asam jawa
1500 ml air
100 gr cabe rawit hijau, bisa dicampur dengan rawit merah (ulek kasar)
1 bungkus tongcai (bisa di skip jika tidak ada)
1 sdm ebi, rendam air panas sebentar, tiriskan, ulek kasar
1/2 sdm garam
1,5 sdm kecap asin
2 sdm gula pasir

Cara membuat :
Campur semua bahan dalam panci berisi air, didihkan, tunggu hingga gula batok larut/mencair sambil sesekali di aduk. Cicipi, jika sudah pas rasanya, biarkan mendidih sekali lagi.
Angkat, saring dan langsung tuang ke wadah. Dinginkan. Siap disajikan untuk menemani pempek goreng hangat. Nyaamm...nyaamm...


Ini dia nih penampakan si gula batok Linggau



Komentar

Postingan Populer