Roti Cane Kari Iga Sapi


Beberapa hari yang lalu, saya dan si adek mengunjungi salah satu restoran India yang ada di depan Mall kota ini. Saat melihat-lihat menu, si adek bertanya "buk, apa roti cane ini ? . Setelah saya jelaskan singkat, akhirnya karena penasaran, dia pesan menu itu dan habislah satu porsi penuh Roti Cane Kari Kambing. Dalam perjalanan pulang, si adek nanya "buk, ibuk bisa ga bikin seperti yang ku makan tadi ?" yaahhh langsunglah si emak jawab "bisaaa"....:-D
    Si adek ingin rotinya tipis dan garing persis seperti roti cane yang dia makan tadi. Enak katanya kalau dimakan sambil disobek-sobek dan dicocol kuah kari kental agak pedas. Okedeee..emak bikinin yak 😊 oles margarinenya agak banyakan biar roti nya harum dan sedap.
    Yuukkkk aahhh sarapan doloo kita

Roti Cane

Bahan / Bumbu:
50 gram margarine
2 butir telur ayam uk.kecil
100 cc air/susu cair
500 gram tepung terigu cakra
1/4 sdm garam
1 sdm minyak sayur
100 gr margarine, cairkan utk olesan

Bahan Kuah Kari Daging/iga Sapi :

500 gr daging has/ 750 gr iga sapi, potong2 sesuai selera, presto 30 mnt
2 buah kentang uk. besar kupas, rebus (bisa tumbuk kasar atau biarkan utuh, sesuai selera)
1 buah bawang bombay diiris halus
5 buah cabe ijo besar utuh
2 sdm cabe giling
1 sdt jahe bubuk
1 sdt ketumbar halus
1/2 sdt kunyit halus
2 sdt munjung bubuk kari Babas
2 buah kapulaga
1/2 sdt jintan
3 cm kayu manis
1 buah pekak (bunga lawang)
2 ruas jari laos
1 batang sereh, geprek
5 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
5 lembar daun kari
garam secukupnya
Gula secukupnya
1 sachet kaldu instan rasa sapi
1 liter santan kental
3 gelas air

Cara Membuat Kuah kari :

Tumis semua bumbu halus dengan minyak. Masukkan daging/iga sapi, beri air secukupnya masak sampai empuk. Masukkan kentang tumbuk, kaldu instan, gula, garam, sereh, daun jeruk, daun salam, daun kari, cabe ijo, aduk rata lalu tuang santan kental dan air, masak sampai keluar minyak, dan kuah agak mengental, cicipi lalu angkat.Hidangkan bersama roti cane.

Cara Membuat Roti Cane:

1.Campurkan telur, minyak sayur, air dan garam, aduk rata. Kemudian masukkan terigu, lalu uleni adonan roti hingga tercampur secara merata dan kalis.

2. Bentuk adonan jadi bulatan @ 70 gram dan tutup menggunakan plastik. Biarkan 30 menit, agar adonan lebih mudah untuk digilas.

3.Ambil 1 adonan, lalu gilas hingga berbentuk lingkaran berdiameter kurleb 15 cm. Olesi margarine cair, dan gulung memanjang. Gulung membulat hingga berbentuk seperti konde di kedua ujung lalu tangkupkan. Lakukan sampai semua adonan habis. Biarkan 10 menit.

4.Gilas lagi adonan berbentuk lingkaran berdiameter sama seperti di alas 15 cm. Kemudian siapkan wajan teflon, beri sedikit margarine, letakkan adonan dan masak menggunakan api kecil. Bolak balik roti pada wajan hingga matang dan kedua bagian sisinya berwarna kecokelatan, angkat. 

5.Pukul2 roti agar sdikit pecah dan lembut (jika suka). Olesi kembali menggunakan margarine. Siap disajikan hangat dgn kuah kari.


Komentar

Postingan Populer