Nasi Liwet Ikan Teri


    Seperti biasa, anak-anak lebih suka sarapan yang mengenyangkan. Mereka bilang "biar kenyangnya sampai jam makan siang"..heheheheh. 

    Okelah kali ini saya buatkan Nasi Liwet khas Sunda. Ini nasi mirip nasi uduk tapi minus santan jadi pasti lebih sehat. Nasinya harum karena pemakaian rempah meski tidak pakai banyak bumbu, nasinya berasa gurih. Bumbu-bumbunya cukup bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, cabe rawit utuh ukuran besar, kaldu bubuk, kemangi dan teri. Biar praktis dan cepat (secara anak2 mau berangkat sekolah pagi-pagi), masaknya bisa di magic com.

     Lauk pelengkapnya disesuaikan saja dengan selera, untuk pagi ini nasi liwetnya dilengkapi ayam ungkep, tempe bacem, tahu bacem, mie goreng sayuran, sambal terasi dan lalapan. Piringnya dilapis dengan daun pisang yaa biar tambah mantap 😊 bisa juga dijadikan bekal anak-anak untuk makan siangnya. Resep lengkap, bisa disimak di bawah ini. Yuukk aahh mari makaann...nyamm nyammm


Nasi Liwet

Bahan : 
500 gr beras, cuci bersih
1 liter air atau sesuaikan dengan jenis berasnya 
(saya pakai beras pulen, tinggi airnya 2 jari di atas permukaan beras yang sudah bersih)
6 butir bawang merah, iris-iris tipis
5 siung bawang putih, iris-iris tipis
2 batang serai, ambil bagian putihnya, geprek
2 lembar daun salam
6 buah cabe rawit utuh ukuran besar,
1 sachet kaldu bubuk rasa ayam
daun kemangi, sesuai selera
2 sdm teri, goreng jangan terlalu garing
ikan asin jambal (jika suka), iris-iris, goreng setengah garing 
minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis semua bumbu kecuali kaldu bubuk, daun kemangi dan daun salam hingga bawang layu dan harum. Masukkan teri dan ikan asin, aduk rata. Tuang ke dalam wadah magic com yang sudah berisi beras dan air, beri 1 sachet kaldu bubuk dan daun salam, aduk rata. Masak dalam magic com hingga matang. Buka magic com, amsukkan daun kemangi, aduk rata, tutup kembali magic com. Tunggu sekitar 5 menit dan sajikan dalam keadaan hangat dengan menu pelengkapnya.


Komentar

Postingan Populer