Cinnamon Raisin Roll



Sukaaa banget sama aroma kayu manis, gula palem dan butter saat roti ini matang sempurna. Rasa asam manis dari campuran kismis, cranberies & sukade dengan tekstur rotinya yang lembut krn pakai metode water roux, cocok neh buat jadi cemilan sore nanti.

Cinnamon Raisin  Roll

WBahan ater roux :
- 25 gr terigu protein tinggi
- 125 ml air

Bahan :
- 250 gr terigu protein tinggi
- 100 gr terigu9 protein sedang
- 60 gr gula pasir
- 1 sdm susu bubuk full cream
- 1 butir kuning telur
- 7 gr ragi instan
- 1 sdt bread improver
- 100 gr water roux
- 90 ml air dingin
- 1 sdm margarin
- 1/2 sdt garam

Bahan filling :
- palm sugar
- bubuk kayu manis
- margarine oles

Bahan taburan :
- kismis, cranberies, sukade n ceri hijau

Cara membuat :

Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sambil diaduk2 hingga kental spt bubur gandum. Sisihkan hingga dingin.

Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan 45 menit.

Siapkan cup kertas khusus roti. Pipihkan adonan roti dgn rolli g pin di atas talenan bertabur sedikit terigu. Oles tipis dengan margarine, taburi kayu manis bubuk dan palm sugar lalu beri taburan. Gulung adonan dan potong-potong. Letakkan di cup dan taruh di loyang. Fermentasikan lagi sampai mengembang 2x lipat.

Panaskan oven 180 dercel, panggang selama 12 - 15 menit api bawah rak atas sampai berwarna kuning kecoklatan.

Keluarkan dr oven, kemudian panas-panas oles dgn butter. Sajikan selagi hangat.

Komentar

Postingan Populer