Cake Kukus Kaboca



Kaboca adalah jenis labu yang berasal dari Jepang namun sekarang sudah banyak dibudidayakan di daerah Jawa Tengah. Kaboca berukuran lebih kecil dibandingkan labu kuning yang biasa yang dipakai untuk campuran sayur. Tekstur Kaboca ini lembut,  seratnya halus dengan rasa yang tidak terlalu manis sehingga cocok untuk diberikan kepada balita yg sedang dalam masa mpasi. Yang mau coba bikin cake dari labu ini...saya tuliskan resepnya yaa..

Cake Kukus Kaboca

untuk 2 loyang ukuran 20x10x7 cm

BAHAN :
7 butir telur uk.sedang
250 gr gula halus
1 sdt munjung SP
1 sdt vanilla cair
secubit garam
1 sachet susu kental manis
150 ml minyak sayur
300 gr tepung terigu protein sedang
300 gr kaboca, kupas, kukus, lumatkan saat msh panas
5 tetes pewarna oranye food grade

Cara membuat:

Olesi dasar loyang dgn minyak sayur, lapisi dgn plastik bening. Sisihkan.

Campur kaboca lumat dgn SKM. Sisihkan.

Mixer dengan kecepatan tertinggi  telur, gula, garam dan SP sampai putih mengembang (sekitar 15-20 menit). Masukkan terigu, mixer speed 1. Masukkan campuran kaboca SKM bergantian dgn minyak sayur, mixer speed 1. Matikan mixer, tambahkan vanila cair dan pewarna, aduk balik dgn spatula hingga rata.

Tuang hingga hampir penuh ke dlm 2 loyang yg sdh disiapkan. Tutup atasnya dgn aluminium foil. Kukus 25-30 menit di dlm kukusan yg sdh panas. 10 mnit pertama api besar, selanjutnya api sedang. Angkat, dinginkan, beri toping sesuai selera. Setelah benar benar dingin, bisa dipotong dan hidangkan.

Komentar

Postingan Populer