Karipap


Cemilan ini biasanya ku beli kalau lagi berada di bandara Cengkareng. Ada counter jajanan ini berhadapan dengan counter Beard Papa. Ada banyak pilihan isian yang bisa dipilih dan selain rasanya yamg ensk, harganyapun terjangkau. Jadi kali ini, coba bikin sendiri di rumah. Ternyata ada trik-trik nya agar kulit Karipap bisa tampil ber layer-layer. Okeyy..yang mau coba, silahkan dibaca resepnya ini yaa...

Karipap isi Sarden

Kulit

Bahan A:
250 gr tepung terigu
150 gr margarine

Bahan B:
450 gr tepung terigu
50 gr minyak goreng
200 ml air dingin
1 sdt garam

Isian 
1 kaleng sarden saus tomat, ambil ikannya saja, haluskan dgn garpu
Gula dan garam
1 butir bawang bombay, cincang
5 buah cabe merah, iris2 halus
Minyak sayur utk menumis

Cara membuat :

Campur semua bahan A hingga menjadi adonan yg dapat dipulung. Bagi menjadi 12 bagian, bulatkan. Sisihkan.

Bahan B: dalam wadah, masukkan tepung, minyak goreng, gula, garam, uleni sambil tuangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yg kalis. Bagi menjadi 12 bagian, bulatkan.

Pipihkan 1 bagian adonan B, isi dg 1 bagian adonan A ditengahnya. Bulatkan hingga adonan A rapat terbalut adonan B. Rapikan bulatannya. Lakukan pada semua adonan. Diamkan 10 menit.

Ambil satu bagian adonan, gilas tipis jd bentuk segi empat memanjang. Lipat bagian bwah ke tengah dan bagian atas lipat menimpa lipatan bawah td. Putar membujur lalu gilas lagi memanjang dr bawah ke atas hingga tipis berbentuk segiempat memanjang. Kemudian gulung dr bawah ke atas. Lakukan hal yang sama pada adonan lain.

Potong tiap gulungan jadi 3-4 bagian hingga didapat potongan bulat dan terlihat tekstur putaran. Balikkan bagian yg ada putarannya di sebelah bawah lalu gilas tipis, jangan dibalik2 cukup sisi atas yg digilas dan tak perlu diputar. Letakkan adonan yg sdh digilas di telapak tgn dgn sisi yg ada putarannya di sebelah bawah. Isi dgn bahan isian lalu pilin menjadi bentuk pastel.

Goreng dakam minyak yg sdh panas hingga kuning kecoklatan. Angkat. Sajikan 

Komentar

Postingan Populer