Laksan Ikan Kakap


Selama ini paling males bikin pempek, laksan, lenggang, dll yang berbahan dasar ikan kakap karena belom pernah dapat ikan kakap giling yang ga bau menyengat. Meski di pasar ada beberapa lapak yang menjual daging kakap giling, hanya level bau nya saja yang beda..ada yang agak bau, cukup bau dan ada yang sangat bau. 

Bau menyengat ikan ini tidak bisa tersamar meskipun di adonan ditambahi bawang putih halus, malahan baunya jadi aneh setelah adonan direbus. 

Tapi dasar lagi rejeki, kemaren ada sohib yang nawarin dengan janji gombal bahwa ikan kakap bakulannya ga bau. Ikan dia dapat dari keponakannya yang kerja bantuin agen ikan untuk diloper ke pasar induk dan pasar-pasar lain yang ada di Palembang. Okeee percaya sohib ga bakal ngegombalin saya...cusss langsung beli 3 kg. 

Semalam jam 8.10 mulai ngadon 1 kg daging ikan kakap untuk dibuat lenjeran laksan dan bulatan celimpungan. 
Jam 8.40 (yeepp beneran cuma 30 menit everything done), lenjeran dan buletannya diangkat dari panci rebusan. 

Biasanya dengan uap panas yang mengepul, bau menyengat ikan kakap akan mengudara beredar ke seantero rumah seenaknya tapi eiitsss kali ini ngga sodara-spdara 😀 sama sekali ga ada bau menyengatnya..
Siplahh recommended neh jualan ikan kakap gilingnya si sohib..yuukkss sarapan yang panas dan pedas..

Laksan Ikan Kakap

Bahan
500 gr daging ikan giling
300 ml air es
400 gr sagu
100 gr sagu utk melapis telapak tangan
2 sdm minyak sayur
1 sdm peres garam
1 sdm peres gula pasir

Cara membuat lenjeran laksan :
Larutkan gula dgn air es, tuang wadah yg berisi daging ikan giling, tambahkan garam dan minyak sayur, aduk/mixer speed rendah hingga tercampur rata.

Tambahkan sagu secara bertahap, aduk rata, lakukan hingga sagu habis dan adonan bisa dibentuk lenjeran pipih. Rebus dalam air mendidih hingga mengapung, angkat, tiriskan, dinginkan, potong-potong  sesuai selera.

Bumbu :
1 sdm peres Bawang merah giling
1/2 sdm bawang putih giling
1 sdm peres cabe merah giling
1/2 sdm kemiri giling
1/2 sdt ketumbar
1 sdt peres merica
1 sdt peres garam
1 sdt munjung gula pasir
2 sdm udang ragu, cuci bersih, tiriskan, tumbuk kasar
1 kotak santan kara + 800 ml air
2 sdm bawang goreng utk taburan
5 batang daun gando,/kucai, iris-iris untuk taburan
2 lembar daun salam

Cara membuat kuah :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan udang dan daun salam, tuang setengah air santan, aduk, tunggu mendidih masukkan potongan laksan, aduk, tunggu mendidih, tuang sisa santan, garam, gula, cicipi. Setelah mendidih, matikan api, taburi irisan daun kucai dan bawang goreng, siap disajikan.

Komentar

Postingan Populer